
Source: Freepik.com
Saat ini, produk skincare masih menjadi bisnis yang masih digandrungi banyak orang, terutama para milenial atau Gen Z. Hal ini karena strategi pemasaran produknya yang terbilang cukup mudah, meskipun banyak pesaingnya.
Walaupun pasarnya cukup kompetitif, bisnis skincare dan kosmetik masih terus melebar dan diperkiraan semakin tahun akan terus meningkat dan terus melesat. Sehingga peminat bisnis ini pun semakin banyak.
Namun sebelum memulai bisnis skincare dan kosmetik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah strategi yang efektif dalam melakukan pemasaran atau penjualan.
Contoh Strategi Pemasaran Produk Skincare yang Efektif
Sebaiknya sebelum memulai bisnis kamu harus mencari tahu strategi pemasaran apa yang efektif dan bisa kamu gunakan saat berbisnis agar usahamu sukses.
Sebagai referensi, berikut beberapa strategi pemasaran produk skincare dan kosmetik yang efektif:
1. Pemahaman Pasar dan Target Audience
Sebelum memulai bisnis, kamu bisa tentukan dulu siapa target audience mu nanti, atau lebih spesifiknya kamu bisa kategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, masalah kulit, dan minat.
Misalnya kamu membuat bisnis skincare dengan bahan alami, dengan target wanita usia 25-35 tahun dengan kulit sensitif dan gaya hidup aktif.
Target ini bisa berbeda-beda setiap orang, sehingga kamu harus menganalisa dengan seksama sebelum kamu memasarkan produk.
2. Bangun Branding yang Kuat dan Konsisten
Hal seperti logo, warna, tone of voice, hingga packaging harus mencerminkan identitas brand. Sehingga harus dibuat dengan tepat sesuai dengan karakter dan goals produk.
Untuk membentuk branding produk yang kuat, kamu bisa menggunakan mode storytelling yang relatable, seperti misalnya, cerita founder, misi keberlanjutan, atau manfaat produk.
3. Pahami Tren Skincare Terbaru
Sebelum memproduksi dan memasarkan produk skincare, kamu harus paham betul bagaimana perkembangan tren skincare terbaru.
Tren yang dimaksud bisa berupa jenis produk dan bahan aktif apa yang sedang naik daun serta bagaimana perkembangan skincare dan make up di luar.
4. Gunakan Platform Digital dengan Baik
Saat ini, kamu bisa berjualan dengan mudah di platform digital, seperti TikTok, Instagram dan Youtube. Dengan platform ini, kamu bisa memakai strategi seperti: behind the scene product, testimoni pengguna, frequently ask question (FAQ) dan edukasi.
5. Berkolaborasi dengan Influencer dan Key Opinion Leader (KOL)
Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) juga bisa jadi salah satu strategi efektif untuk memasarkan skincare dan kosmetik. Tetapi saat memilihnya, kamu perlu hati-hati. Karena influencer yang dipilih harus relevan dengan brand.
Saat ini, micro-influencer terbukti lebih efektif untuk engagement dan kredibilitas brand. Sehingga kamu bisa mencoba memilih micro influencer untuk memasarkan produk.
6. Tawarkan Promosi Menarik saat Launching Produk
Saat kamu pertama kali launching produk, jangan lewatkan kesempatan untuk membuat promosi menarik. Biasanya, para brand owner memanfaatkan momen ini dengan mengadakan diskon launching, bundle deals atau free ongkir.
7. Edukasi Lewat Konten
Penting untuk sebuah brand melakukan edukasi tentang brand. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan produk dan membentuk personal branding yang kuat.
8. Optimalkan Penjualan Lewat Marketplace dan Website
Untuk meningkatkan penjualan lewat marketplace, kamu harus menggunakan strategi SEO produk. Selain itu, untuk website resmi, pastikan untuk membuat tampilan web lebih menarik dan profesional.
Tunjukan berbagai kemudahan dalam pembayaran dan customer service yang ramah dan responsif. Intinya, jangan sampai pengguna kesulitan mengakses website dan cepat keluar dari web.
Strategi pemasaran memang harus dibuat dengan baik dan seksama agar hasilnya lebih optimal. Untuk itu, jangan lupa membahas hal ini sebelum produk launching.
Pastikan strategi pemasaran yang dibuat sudah matang agar pelaksanaannya berjalan dengan baik.
Maklon juga harus dipilih dengan seksama, karena menyangkut hasil produk yang akan dijual. Dengan memilih mitra maklon yang tepat, maka perusahaan bisa meningkatkan daya saing mereka dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan.
PT. Gemma Natura Lestari atau GNL merupakan perusahaan manufaktur dan jasa maklon yang dapat membantu mewujudkan produk skincare dan kosmetik impianmu sampai siap digunakan konsumen.
Layanan dari GNL termasuk lengkap, karena bisa membuat berbagai macam produk seperti, skincare, bodycare, haircare, babycare, dan decorative.
Untuk informasi dan konsultasi, silakan hubungi nomor marketing kami 0812-1999-5653 (Dea) / 0812-6000- 5653 (Diana) atau bisa ke marketing.support@gnl.co.id.
Baca Juga: Tren Skincare 2025, Mana yang Paling Relevan untuk Bisnismu?