Packaging Kosmetik: Elemen Penting untuk Menarik Konsumen

Sources: Freepik.com

Siapa yang kalau beli sesuatu karena packagingnya lucu atau aesthetic? Tenang, kamu gak sendiri. Dalam dunia kecantikan. Hal tersebut sudah biasa kok, karena packaging juga salah satu faktor yang harus bisa menarik hati customer. 

Saat pertama kali melihat produk, pasti kamu akan tertarik dengan packagingnya terlebih dahulu. Bisa karena bentuknya menarik, warnanya cantik atau jenis packagingnya yang unik, seperti ada kesan eco friendly, premium look dan sebagainya. 

Menurut penelitian dari Haru dan Moury (2019), elemen-elemen seperti warna, desain, label dan kualitas material sangat mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Untuk itu, perlu ditentukan dengan seksama sebelum produk launching. 

Studi dari Plus62, menunjukkan bahwa desain packaging akan meningkatkan niat beli customer, sementara elemen fungsional akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas customer.

Mungkin banyak brand baru berpikir bahwa “yang penting isi produknya bagus”, Memang benar adanya. Tapi sayangnya, konsumen tidak bisa langsung melihat kualitas dari isinya. Sebaliknya, mereka akan melihat dari luarnya dulu. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendesain Packaging

Untuk menentukan packaging yang tepat, kamu perlu memperhatikan beberapa hal ini saat mendesain packaging. 

1. Target Market

    Saat pertama kali membuat produk, kamu perlu menentukan siapa target market kamu. Bisa jadi remaja, ibu muda, atau pria aktif yang sesuai dengan jenis produknya. Ketika menentukan target market, maka kamu akan tahu, siapa yang akan membeli produkmu. 

    2. Kesesuaian Jenis Produk

      Setiap produk memiliki pendekatan yang berbeda, tentu saja serum akan berbeda dengan body lotion. Untuk itu, perlu diperjelas apa concern dari masing-masing produk.

      Jangan sampai packaging yang dipilih tidak sesuai dengan jenis produknya, karena dampaknya bisa fatal. 

      3. Fungsionalitas

        Desain boleh keren, tetapi kalau tutupnya mudah bocor atau susah dibuka yang ada customer akan ilfeel.

        Selain fokus dengan desain, kamu juga harus fokus ke fungsi dari packaging tersebut. Jangan sampai bagian-bagian yang penting di packaging menjadi tidak berfungsi. 

        4. Informasi yang Jelas dan Detail

          Informasi produk juga tidak kalah penting bagi customer, karena customer harus tahu mengenai detail produk seperti bahan aktif, cara pakai dan tanda izin BPOM. 

          Jangan lupa untuk memastikan tulisannya jelas dan terbaca, jika perlu sediakan versi inggris juga agar customer non-lokal bisa membaca informasinya. 

          5. Tren Inovasi

            Sekarang sedang tren kemasan yang eco friendly, refillable, atau sustainability driven. Bisa jadi, hal tersebut menjadi nilai tambah untuk brand kamu.

            Tren kosmetik 2025 pun menunjukkan bahwa fokus pada keberlanjutan, interaksi digital dan koneksi emosional antara produsen dengan customer. 

            Apakah Maklon Skincare Bisa Membantu Menyediakan Packaging?

            Umumnya perusahaan maklon menyediakan referensi packaging standard. Tetapi jika kamu ingin bentuk packaging yang customized, maka kamu bisa brainstorm terlebih dahulu dengan tim marketing kami. 

            Mulai dari konsultasi jenis kemasan (tube, jar, botol, pump), rekomendasi supplier kemasan terpercaya, dan ide desain sesuai tren pasar & target audiences. 

            Dalam dunia skincare dan kosmetik, tampilan luar dari produk juga penting. Untuk itu, diskusikan konsep produkmu sekarang bersama kami, PT. Gemma Natura Lestari atau GNL karena kami siap membantu kamu untuk membuat produk yang bukan hanya laku tetapi juga berkualitas dan aman. 

            Konsultasi gratis tentang produk impianmu, dengan menghubungi nomor WhatsApp 0812-1999-5653 (Dea) / 0812-6000- 5653 (Diana). 

            Jadi, maklon di GNL yuk!

            Baca Juga: Personalisasi Produk Kosmetik: Menyesuaikan Kebutuhan Individu

            Scroll to Top