Clean Beauty Product: Produk Skincare Tanpa Bahan Kontroversial

Source: Freepik.com

Di antara persaingan produk perawatan kulit dan wajah, konsep skincare clean beauty menjadi salah satu jenis produk yang banyak diincar.

Bukan hanya untuk para pecinta lingkungan yang concern pada produk-produk eco-friendly, tetapi juga kalangan pengguna skincare lainnya. 

Hal ini karena produk skincare dengan bahan alami tidak mengandung bahan kontroversial atau harsh chemical sintetis yang tentunya worth it untuk dicoba. Untuk itu, berikut informasi lengkap tentang produk “clean beauty” yang perlu kamu tahu. 

Apa Itu Clean Beauty? 

Clean beauty merujuk pada konsep kecantikan bebas dari bahan berbahaya atau kontroversi, namun tetap ramah untuk kulit namun tetap efektif. Sebenarnya konsep itu tidak selalu berarti “natural”, melainkan: 

  • Terbukti aman secara ilmiah
  • Bebas dari bahan toxic dan iritatif 
  • Daftar bahan transparan
  • Bisa disebut juga ramah lingkungan  dan etis (cruelty free) 

Bahan Kontroversi yang Dihindari Clean Beauty

Demi mewujudkan konsep clean beauty, berikut daftar bahan yang sering kali dihindari dalam produk tersebut: paraben, sulfat (SLS/SLES), Phthalates, Mineral Oil, Fragrance Sintetis, serta alkohol jenis ethanol. 

Adapun bahan alternatif lain yang bisa digunakan dengan aman ialah potassium sorbate, phenoxyethanol, coco glucoside, decyl glucoside, plant oils (jojoba dan squalane), essential oil (dengan uji iritasi) serta fatty alcohol (cetyl, stearyl). 

Baca Juga: Inilah Perbedaan Skincare Organik, Natural, dan Vegan 

Contoh Produk Clean Beauty di Pasaran

Berikut beberapa brand dan produk yang mengusung “clean beauty” dan bisa jadi inspirasi: 

  1. The Ordinary – Niacinamide 10% + Zinc 1% 
  1. True to Skin – Bakuchiol Anti Aging 
  1. Sensatia Botanicals – Facial Cleanser Series 
  1. KORA Organics – Noni Glow Face Oil 

Clean Beauty & Peluang Maklon Skincare

Jika kamu brand owner yang ingin mengembangkan produk skincare dengan konsep “clean beauty”, maklon adalah solusi efisien untuk memulainya. Karena bekerja sama dengan maklon memiliki beberapa keuntungan: 

  • Bisa memilih formulasi bebas bahan kontroversial dan bebas potensi bahaya
  • Konsultasi bahan aktif yang sesuai dengan prinsip “clean beauty” 
  • Menjangkau pasar yang lebih sadar akan lingkungan dan kesehatan
  • Potensi masuk ke pasar ekspor (seperti Eropa dan US tentang formula) menjadi lebih terbuka

Clean beauty bukan sekedar tren, tetapi pergeseran cara berpikir pengguna masa kini menjadi lebih bijak dalam memilih skincare, lebih sadar terhadap isu lingkungan, dan lebih teliti terkait isi kandungan. 

Brand yang mengusung nilai-nilai berikut juga memiliki peluang besar untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal, sehingga konsumen dari kalangan Gen Z dan Milenial pun lebih loyal. 

Untuk urusan pembuatan produk, kamu bisa bekerjasama dengan partner maklon seperti PT. Gemma Natura Lestari atau GNL. Karena proses produksinya akan ditangani oleh tim yang berpengalaman dan professional di bidangnya. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan referensi formula yang tepat untuk produkmu sehingga benar-benar sesuai dengan tujuan produk yang diinginkan. Karena sudah mengantongi berbagai sertifikasi, maka kamu bisa terima beres hasil produknya.

Bagaimana? Sudah siap punya produk “clean beauty” versi brand kamu? Yuk mulai dari formulasi yang aman, transparan, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. 

Baca Juga: Personalisasi Produk Kosmetik: Menyesuaikan Kebutuhan Individu

Scroll to Top