Mengapa Tren Produk Skincare Korea Banyak Diminati

Sources: Freepik.com

Siapa sih yang gak tau skincare Korea? Mulai dari sheet mask, lipstik, sampai essence yang teksturnya ringan, produk asal negeri ginseng ini selalu berhasil menarik perhatian pecinta skincare dunia, termasuk Indonesia.

Memang apa sih yang membuat skincare korea jadi se-booming itu? Kira-kira apa saja keunggulan dari skincare Korea sehingga berhasil membuat beauty enthusiast tertarik untuk menggunakannya. 

1. Fokus pada Kesehatan dan Hidrasi Kulit

    Skincare Korea dikenal mengadopsi filosofi tentang “skin first, make up second’” Artinya, mereka mengutamakan kesehatan kulit yang sehat, lembap dan terawat daripada harus ditutupi dengan make up. 

    Makanya tidak heran, jika banyak sekali produk produk Korea yang fokus pada perbaikan skin barrier, hidrasi kulit dan tampilan glowing sehat alami, bukan yang instan lalu bisa buat iritasi. 

    2. Kandungan Alami & Inovatif

      Mulai dari ginseng, rice extract, centella asiatica sampai snail mucin, brand Korea tidak pernah kehabisan bahan eksplorasi dengan bahan unik tapi efektif. 

      Mereka juga sering menjadi trend setter global untuk 10 step skincare, glass skin, atau sistem fermentasi dalam skincare. 

      Bahan-bahan aktif yang digunakan sering kali aman untuk semua jenis kulit terutama kulit sensitif, sehingga sangat cocok untuk pasar orang Asia, termasuk Indonesia.

      3. Teknologi Formulasi yang Canggih

        Dibalik packaging yang minimalis dan aesthetic, brand-brand Korea punya tim R&D (research and development) yang ahli dalam membuat formulasi. 

        Teknologi seperti encasulated ingredients, time release essence dan micro – emulsion sudah terdengar tidak asing bahkan umum digunakan di sana karena harganya yang terjangkau. 

        Menurut Crescent Seoul, inovasi dan teknologi yang terus berkembang menjadi salah satu alasan utama popularitas skincare Korea. 

        4. Kualitas Bagus dan Harga Ramah

          Alasan lain mengapa skincare Korea digandrungi ialah value for money. Artinya meskipun kualitas yang ditawarkan bagus, tetapi harganya tetap affordable. 

          Hal inilah yang membuat skincare Korea mudah diakses oleh berbagai kalangan, termasuk remaja dan mahasiswa. Dengan branding kualitas tinggi, brand Korea tetap dibandrol dengan harga yang kompetitif. 

          5. Kekuatan Influencer & Drama Korea

            Tontonan K-Drama juga mempunyai peran besar dalam meningkatkan daya tarik pada produk skincare Korea. Siapa yang gak tergoda melihat kulit sehat dan glowing dari para aktor dan aktris Korea di drama favorit? 

            Ditambah lagi dengan adanya influencer & Tiktokers yang rutin melakukan review tentang brand-brand Korea, sehingga semakin kuat saja eksistensi dari brand ini. 

            Menurut artikel Crescent Seoul, pengaruh budaya pop Korea seperti Kpop dan K-drama turut mendorong popularitas dari produk skincare dan kosmetik dari Korea di seluruh dunia.

            Di Indonesia sendiri, tren K-Beauty sangat mempengaruhi peningkatan penjualan skincare dan kosmetik secara umum.

            Peluang Brand Lokal: Belajar dari K-Beauty

            PT Gemma Natura Lestari atau GNL sebagai perusahaan maklon skincare & kosmetik percaya brand lokal juga bisa bersinar seperti brand-brand Korea. Hal ini karena banyak prinsip-prinsip dari K-Beauty yang bisa diadaptasi, seperti: 

            • Fokus pada bahan aktif yang gentle tapi efektif

            Di tengah kemunculan berbagai jenis produk sejenis, kita harus pintar-pintar memilih bahan aktif mana yang gentle tetapi tetap efektif untuk mengatasi permasalahan kulit.

            • Desain kemasan yang minimalis dan estetik

            Desain kemasan juga sama pentingnya dengan kualitas dari isi produk, sehingga tidak bisa dinomorduakan. Untuk itu, pilihlah kemasan yang sesuai dengan jenis produk dan memiliki kesan minimalis.  

            • Edukasi pasar dengan storytelling yang kuat

            Saat ini, persaingan produk skincare dan kosmetik semakin sengit sehingga butuh differensiasi yang kuat.

            • Inovasi dalam tekstur & experience produk 

            Korea memiliki ciri khas dalam tekstur dan experience, sehingga tidak heran K-Beauty memiliki banyak penggemar. 

            Bagi kamu yang ingin develop produk skincare dan kosmetik seperti K-produk, jangan ragu untuk diskusikan ide produkmu ke tim marketing kami di nomor WhatsApp 0812-1999-5653 (Dea) / 0812-6000- 5653 (Diana). 

            Yuk Maklon di GNL!

            Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Skincare yang Efektif

            Scroll to Top