
Sources: Freepik.com
Demi mendukung upaya tren kecantikan berkelanjutan atau sustainable beauty, beberapa tahun terakhir mulai populer tren produk ramah lingkungan.
Sejak tren ini muncul, konsumen tidak hanya memperhatikan manfaat produk bagi kulit, tetapi juga dampaknya terhadap lingkungan.
Akhirnya, inilah yang mendorong banyak brand kecantikan di Indonesia mulai berinovasi produk yang ramah lingkungan atau sustainable beauty.
Apa itu Skincare Ramah Lingkungan?
Skincare ramah lingkungan adalh produk perawatan kulit yang dibuat untuk meminimalisir dampak buruk pada lingkungan yang mana mencakup bahan-bahan organik dan alami.
Konsep ini tidak hanya bermanfaat untuk bumi, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit konsumen jangka panjang karena mengandung bahan alami atau natural.
Apa yang Membuat Tren Ini Semakin Populer?
Berdasarkan survei Nielsen, 73% konsumen Indonesia mulai beralih ke produk kecantikan yang ramah lingkungan, dan 41% lebih memilih produk berbahan alami dan organik. Kesadaran inilah yang mendorong banyak produksi berkelanjutan dalam produksi mereka.
Manfaat Skincare Ramah Lingkungan
- Aman untuk Kulit: Karena menggunakan bahan alami, produk skincare dan kosmetik ramah lingkungan akan mengurangi risiko iritasi dan alergi.
- Mengurangi Limbah: Dengan kemasan yang dapat didaur ulang, akan membantu mengurangi sampah plastik.
- Mendukung Ekonomi Lokal: Banyak brand lokal yang bekerja sama dengan petani dan produsen lokal yang mendapatkan bahan baku
- Transparansi: Produsen cenderung lebih terbuka mengenai sumber bahan dan produksi mereka.
Contoh Produk yang Mengusung Konsep Ramah Lingkungan
Berikut beberapa brand lokal Indonesia yang telah mengadopsi konsep sustainable beauty, antara lain:
- Sensatia Botanicals: Brand ini menggunakan bahan alami dan produk yang dapat didaur ulang.
- From This Island: Brand ini fokus pada penggunaan bahan-bahan alami dari botani asli dari Indoensia
- BASE: Brand ini mengusung konsep vegan dan ramah lingkungan dengan bahan-bahan nabati lokal.
Meningkatnya kesadaran konsumen terhadap isu lingkungan, menyediakan layanan maklon yang berfokus pada keberlanjutan dapat menjadi keunggulan dan nilai jual yang menarik.
PT. Gemma Natura Lestari atau GNL adalah perusahaan maklon skincare dan kosmetik yang siap membantumu mengembangkan produk skincare yang ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan tren dan market saat ini.
Baca Juga: Tren Skincare 2025, Mana yang Paling Relevan untuk Bisnismu?